Notification

×

DPRD Kota Batam Bahas Penetapan Pimpinan Definitif Serta Komisi-komisi

Rabu | September 04, 2024 WIB Last Updated 2024-09-06T00:52:17Z

Suasana saat Rapat Paripurna DPRD Kota Batam. (4/9/2024) 

PELITAKOTA.com|BATAM, Tahap-Tahap penetapan Pimpinan definitif serta komisi-komisi di DPRD Kota Batam pada saat ini dalam pembahasan. Dalam pembahasan sejauh ini, pimpinan sementara dijabat Asnawati Atiq, dari Partai NasDem dan Wakil Ketua Muhammad Rudi dari Partai Gerindra.


Menurut Sekretaris DPRD Kota Batam, Ridwan Afandi, Ia mengatakan, tahapan tersebut masih berjalan dan diperkirakan akan selesai hingga pada Oktober ini.


“Ini sedang berjalan (proses penetapan komisi dan pimpinan DPRD Batam). Hari Kamis nanti kita mau rapat paripurna dulu,” ungkapnya (4/9/2024).


Lebih lanjut ia menyampakan, bahwa penentuan pimpinan definitif DPRD Kota Batam terlaksana berdasarkan perolehan suara atau jumlah kursi terbanyak dari partai politik (parpol). 


Untuk Jabatan Ketua DPRD Batam dikatakannya kemungkinan besar akan diisi oleh Partai NasDem, sementara  posisi Wakil Ketua I dari Partai Gerindra sementara Wakil Ketua II dari PDIP, selanjutnya untuk Wakil Ketua III dari Partai Golkar.


“Kalau untuk penetapan pastinya saya tidak tahu. Itu urusan partai. Partai yang memilih langsung siapa yang jadi pimpinan,” ujar setwan


Walau demikian, Ridwan Afandi tidak dapat memastikan, dalam Rapat Paripurna yang akan digelar mendatang akan mencakup pembentukan komisi di DPRD Batam. 


Lanjutnya, pihaknya hanya melakukan persiapan Paripurna dan mengikuti prosesnya, walaupun tahapan ini diperkirakan dapat tuntas pada Oktober ini, kepastiannya tergantung pada masing-masing parpol.


“Sekarang ini yang jelas masih berjalan. Kita tidak bisa memastikan karena itu sudah ranahnya partai politik,” jelasnya mengakhiri. ***