Notification

×

Diduga Hadiah di Gelper Game Boy Zone Fanindo Bisa Ditukarkan Jadi Uang Tunai

Sabtu | September 07, 2024 WIB Last Updated 2024-09-07T06:59:00Z

Suasana di Ruangan Gelper GMZ Fanindo, Batuaji. (4/9/2024) 

PELITAKOTA.com|BATAM, Gelanggang Permainan (Gelper) Game Boy Zone  (GBZ) yang beroperasi di kawasan pertokoan Fanindo, kelurahan Tanjung Uncang, kecamatan Batu Aji diduga disulap menjadi gelanggang perjudian hingga meresahkan warga masyarakat di sekitar wilayah itu. 


Menurut seorang warga yang tidak mau disebutkan identitasnya mengatakan, atas keberadaan gelper GBZ  tersebut menurutnya sangat meresahkan. Pasalnya, atas kehadiran Gelper diwilayah itu sangat berpengaruh buruk terhadap beberapa orang tua yang kecanduan bermain gelper dan anak-anak yang beranjak remaja. 


"Iya bang, saya merasa was-was atas keberadaan Gelper Boy Zone ini , sebab saya punya dua anak yang sedang beranjak remaja, dan saya melihat  beberapa kali ada anak-anak remaja yang masuk kedalam gelper itu, jadi saya juga takut anak-anak saya jadi ikut terpengaruh main gelper bang," pungkasnya. 


Dari hasil investigasi tim media ini ke lokasi pada hari Rabu 4 September 2024, Gelper GBZ dinilai tidak lagi beroperasi sesuai aturan yang ditetapkan oleh pemerintah Kota Batam. 


Saat memasuki ruangan Gelper GBZ, kondisi ruangan terlihat kurang pencahayaan sehingga terlihat remang-remang dan udara yang terasa berbau dan sangat pengap, hal ini dikarenakan kurangnya sirkulasi di lokasi GBZ tersebut yang mengakibatkan asap rokok pengunjung mengepul didalam ruangan, dan hal tersebut sangat berbanding terbalik dengan peraturan perijinan PTSP. 


Selain itu, beberapa orang pemain di lokasi yang memenangkan poin terlihat menukarkan menjadi tiket melalui wasit atau penjaga meja tempat bermain, dan selanjutnya pemain langsung membawa ke kasir yang berada tidak jauh dari meja game ketangkasan tersebut. Adapun dari hasil kemenangan, pihak kasir akan memberikan satu slop rokok untuk ditukarkan menjadi uang tunai dan banyaknya tergantung nilai tiket yang didapatkan. 

Tiket milik GMZ yang akan ditukarkan ke Hadiah Rokok ke Pihak Kasir. 

Sesuai Investigasi Tim media ini, adapun modus penukaran rokok jadi uang tunai, yakni dari hasil dari poin yang didapatkan para pemain di lokasi, hadiah tersebut akan di uangkan dimana ditukarkan dari seseorang yang standby di mobil di sekitar lokasi Game Boy Zone. 


Dalam memperkuat informasi, kami mencoba menitipkan sebuah alat perekam kepada seorang pemain yang sedang menukar poin menjadi hadiah rokok di kasir, lalu beliau menuju sebuah mobil sedan di parkiran yang jaraknya kurang lebih 60 meter dari gedung GBZ. 


Adapun informasi yang kami dapat dari pemain tersebut penukaran hadiah 1 slop rokok akan di tukar menjadi uang sebesar 240 ribu rupiah.


Terkait hadiah yang bisa di tukarkan menjadi uang tunai, yang mana hal tersebut diduga ada unsur perjudiannya, sampai saat ini masih berupaya meminta penjelasan pihak kepolisian setempat. 


Hingga berita ini di publis media ini masih menunggu penjelasan dari management GBZ dan Pemko Batam yang membidangi. Tim